Jemaah Haji Khusus Tazkiyah Tour Tidak Perlu Repot Urusan Bagasi: Tinggal Belanja, Barang Langsung Dikirim ke Tanah Air
- account_circle REDAKSI
- calendar_month Sab, 31 Mei 2025
- visibility 105

MAKASSAR – Managing Director Tazkiyah Group, H. Adnan Syamsuddin, mengungkapkan salah satu strategi yang diterapkan pihaknya memudahkan para jemaah haji khusus dengan membangun kerja sama dengan PT Pos terkait pengiriman barang belanjaan jemaah.
Dengan kerja sama tersebut, Jemaah tidak lagi repot membawa sendiri barang-barang belanjaannya. Mereka tinggal pilih barang yang mau dibeli di Madinah, barang-barang yang mereka beli itu kemudian dikirim ke Tanah Air, bahkan lebih duluan sampai dibanding jemaah haji.
“Kami menganjurkan jemaah untuk berbelanja di Madinah karena lokasinya lebih dekat dengan hotel dan masjid. Bahkan di jalur dari hotel ke Masjid Nabawi yang hanya sekitar 50 meter, banyak pedagang menjajakan berbagai kebutuhan. Ini membuat jemaah bisa tetap berbelanja tanpa mengganggu ibadah,” ujar H. Adnan saat tampil dalam talkshow haji 2025 di akun youtube resmi Tazkiyah Tour.
Berbeda dengan di Makkah, yang menurutnya, lokasi pasar cenderung lebih jauh. Pasar-pasar tradisional seperti Jafariah sudah tidak ada, dan jemaah harus menempuh perjalanan ke tempat belanja yang memerlukan naik taksi dan menghadapi kemacetan, cuaca panas, serta potensi pemeriksaan keamanan. Karena itu, Tazkiyah Group menyarankan agar jemaah “menghabiskan real-nya” di Madinah.
Yang menarik, banyak jemaah—khususnya yang berasal dari Sulawesi—datang dengan daftar belanja yang panjang. “Kadang mereka sudah siapkan list belanja dari rumah. Ada pesanan pribadi, anak, keluarga, bahkan tetangga,” ungkap H. Adnan sambil tersenyum.
Untuk mengakomodasi pengiriman barang belanjaan tersebut, Tazkiyah Group bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Barang-barang belanjaan jemaah dikirim langsung dari hotel ke alamat rumah masing-masing di Indonesia.
“PT Pos Indonesia luar biasa. Tinggal telepon saja, mereka datang ke hotel, bantu packing, timbang di hadapan jemaah, dan langsung dikirim. Proses transparan dan aman, insyaallah tidak ada dusta di antara kita,” kata H. Adnan berseloroh.
Barang-barang tersebut, menurutnya, bahkan tiba lebih cepat dari jemaah. Estimasi pengiriman maksimal hanya dua minggu, dan bisa langsung sampai ke alamat rumah masing-masing, bukan lagi ke kantor Tazkiyah seperti tahun-tahun sebelumnya.
Di sisi lain, H. Adnan juga mengingatkan bahwa seluruh jemaah haji Tazkiyah—sebanyak 170 orang—saat ini telah berada di Makkah dan akan segera bergeser ke rumah transit. Proses ini, menurutnya, diawasi dengan sangat ketat dan penuh perhatian.
Musim haji tahun 2025 yang bertepatan dengan tanggal 3 Zulhijah 1446 H ini menjadi momentum penting bagi Tazkiyah Group untuk terus menunjukkan komitmen pelayanan, baik secara logistik maupun spiritual.
- Penulis: REDAKSI