Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Haji » Tazkiyah Tour Rutin Doakan Jemaahnya Selama di Tanah Suci, Komitmen Menjamin Kenyamanan

Tazkiyah Tour Rutin Doakan Jemaahnya Selama di Tanah Suci, Komitmen Menjamin Kenyamanan

  • account_circle REDAKSI
  • calendar_month Sel, 3 Jun 2025
  • visibility 148

MAKASSAR – Travel haji dan umrah melakukan banyak cara demi menjamin kelancaran perjalanan jemaahnya selama berada di tanah suci. Jemaah dibuat nyaman seperti disediakan hotel bintang lima, didampingi pembimbing yang profesional hingga tim medis. Tapi upaya ini jarang dilakukan: rutin menggelar doa bersama untuk jemaahnya yang melakukan perjalanan di Tanah Suci.

Langkah terakhir itu rutin dilakukan perusahaan travel umrah dan haji khusus di Makassar, Tazkiyah Tour. Dari ruang musalla kantornya, di Jalan AP Pettarani, bacaan zikir dilantunkan dan doa-doa dikirimkan untuk para jemaah yang sedang memenuhi panggilan Allah Swt.

Zikir dan doa bersama untuk para jemaah itu dilakukan setiap malam Jumat, oleh para karyawan Tazkiyah Tour. Bahkan, keluarga jemaah pun ikut berzikir.

Sejak hadir 24 tahun lalu, penyelenggara haji khusus PT Tazkiyah Global Mandiri memang selalu berkomitmen menjamin kenyamanan dan kekhusyukan jemaah. Sehingga, cara aktif yang rutin dilakukan adalah memberikan dukungan spiritual dari tanah air.

Doa Bersama Setiap Malam Jumat

“Kami merasa punya tanggung jawab penuh untuk menyukseskan perjalanan ibadah para jemaah kami. Salah satu wujud dari tanggung jawab itu adalah mendoakan mereka dari sini,” ujar Managing Director Tazkiyah Group, H. Adnan Syamsuddin, lewat tayangan video youtube Tazkiyah Tour.

Dia menjelaskan, banyak keluarga jemaah yang datang langsung ke kantor Tazkiah untuk turut hadir dalam doa bersama. Ada pula yang secara pribadi mengirimkan pesan terima kasih atas perhatian dan layanan yang diberikan.

Itu lah yang membedakan Tazkiah dengan travel lain. “Kami tidak hanya memberangkatkan jemaah, tapi juga mendampingi mereka secara spiritual dari awal hingga akhir. Inilah makna dari holistic spiritual journey yang kami tawarkan,” ungkap Adnan.

Dia menambahkan, dengan tagline “Tenang di Setiap Langkah,” Tazkiah berkomitmen untuk memberikan rasa ketenangan kepada jemaah—mulai dari meninggalkan rumah hingga kembali ke Tanah Air. Ketentraman itu juga dirasakan oleh keluarga yang ditinggalkan.
Mereka tak perlu khawatir, karena segala hal telah disiapkan dengan maksimal.

Tazkiah juga memastikan bahwa semua layanan yang diberikan kepada jemaah sesuai dengan regulasi dari Kementerian Agama. Mulai dari penyediaan hotel bintang lima, pembimbing ibadah, petugas kesehatan, hingga tenda VIP di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

“Kalau semua fasilitas itu sudah terpenuhi, maka tugas kami berikutnya adalah memantau dan terus mendoakan dari jauh,” lanjutnya.

Rumah Transit: Tempat Persiapan Fisik dan Mental

Salah satu layanan istimewa yang disediakan oleh Tazkiah adalah rumah transit, atau yang juga dikenal sebagai hotel transit. Rumah transit adalah tempat penting bagi jemaah sebelum menghadapi puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah.

Setelah menjalani serangkaian ibadah dan aktivitas di Madinah serta Makkah—termasuk tinggal selama 8 malam di hotel bintang lima—jemaah kemudian dipindahkan ke rumah transit. Di sinilah mereka melakukan karantina ringan selama 3–4 hari, tanpa aktivitas keluar, bahkan tidak ke Masjidil Haram.

Di rumah transit ini, Tazkiah fokus mempersiapkan jemaah dari segi fisik dan mental. Manasik dilakukan hingga tiga kali sehari setelah salat, dan pemeriksaan kesehatan dilakukan secara intensif.

“Di Makkah mereka sudah dipuaskan ibadahnya, di rumah transit waktunya mereka fokus untuk persiapan mental dan fisik menuju Arafah,” jelas Adnan Syamsuddin.

Kesiapan Menjelang Puncak Ibadah

Menjelang pergerakan ke Arafah, seluruh logistik dan kebutuhan jemaah yang jumlahnya mencapai 170 orang sudah hampir rampung. Saat ini, jemaah telah mulai mengemas barang-barang mereka, dan tim dari Tazkiah tengah melakukan pendataan dan pengecekan ulang koper.

“Kesiapan kami untuk rumah transit sudah mencapai 99%. Kami pastikan semua fasilitas sesuai dengan standar yang telah disepakati,” ungkapnya.(sbi)

Bagikan Berita:
  • Penulis: REDAKSI

Rekomendasi Untuk Anda

  • Kerugian Negara Akibat Kasus Kuota Haji Diperkirakan Rp1 Triliun

    Kerugian Negara Akibat Kasus Kuota Haji Diperkirakan Rp1 Triliun

    • calendar_month Sen, 11 Agu 2025
    • account_circle REDAKSI
    • visibility 100
    • 0Komentar

    JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan hitung-hitung kerugian negara akibat dugaan rasuah terkait penyelenggaraan dan pembagian kuota haji di Kementerian Agama (Kemenag). “Dalam perkara ini, hitungan awal, dugaan kerugian negara lebih dari Rp1 triliun,” terang juru bicara KPK Budi Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 11 Agustus 2025. Budi menjelaskan, hitungan […]

    Bagikan Berita:
  • Menag RI: Rombongan Haji Indonesia Jumlahnya Seperlima dari Total Jemaah Haji Dunia, Harus Beri Contoh

    Menag RI: Rombongan Haji Indonesia Jumlahnya Seperlima dari Total Jemaah Haji Dunia, Harus Beri Contoh

    • calendar_month Jum, 30 Mei 2025
    • account_circle REDAKSI
    • visibility 158
    • 0Komentar

    Terkini, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar mengungkapkan, jemaah haji Indonesia yang kira-kira jumlahnya seperlima dari haji dunia mendapat perhatian khusus dari Pemerintahan Saudi. Sehingga menurutnya, kalau jemaah bisa tertib itu akan menjadi contoh oleh rombongan haji lain. “Seperlima jemaah haji dunia adalah orang Indonesia, maka Pemerintahan Saudi Arabia memberi perhatian khusus pada jemaah […]

    Bagikan Berita:
  • Evaluasi Haji 2025, MUI Tekankan Pengaturan Penempatan Jemaah di Saudi Hingga Skema Pelunasan

    Evaluasi Haji 2025, MUI Tekankan Pengaturan Penempatan Jemaah di Saudi Hingga Skema Pelunasan

    • calendar_month Sel, 17 Jun 2025
    • account_circle Imam Dzulkifli
    • visibility 138
    • 0Komentar

    JAKARTA – Banyaknya jemaah yang terpisah dari rombongan semula karena sistem penempatan berbasis Syarikah yang semrawut, menjadi salah satu poin evaluasi penting pada musim haji tahun ini. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan, masih ada yang harus diperbaiki dalam penyelenggaraan ibadah haji 2025, khususnya dalam menyesuaikan sistem haji […]

    Bagikan Berita:
  • Sint Travel Berangkatkan Jemaah Umrah Perdana Musim 1447 H

    Sint Travel Berangkatkan Jemaah Umrah Perdana Musim 1447 H

    • calendar_month Jum, 4 Jul 2025
    • account_circle REDAKSI
    • visibility 144
    • 0Komentar

    MADINAH — Sint Travel, anak perusahaan Tazkiyah Group, memulai pemberangkatan umrahnya untuk musim 1447 Hijriah. Pemberangkatan perdana dilakukan Kamis, 3 Juli 2025. Ada 40 jemaah yang terbang ke tanah suci dengan maskapai Singapore Airlines Group. Direktur Sint Travel, Helfitri Tahir menuturkan, 40 jemaah adalah jumlah maksimal yang diberangkatkan setiap kelompok. “Supaya pelayanan bisa maksimal. Pembimbing bisa […]

    Bagikan Berita:
  • Duka, Jemaah Haji Lansia Asal Pinrang Wafat di Makkah karena Pneumonia

    Duka, Jemaah Haji Lansia Asal Pinrang Wafat di Makkah karena Pneumonia

    • calendar_month Sel, 20 Mei 2025
    • account_circle REDAKSI
    • visibility 95
    • 0Komentar

    SAUDI – Innalillahi wa innailaihi rajiun. Duka kembali menyelimuti Embarkasi Makassar. Jemaah haji kloter 2 dari Kabupaten Pinrang, Sapo Panisi Lili (79), dilaporkan meninggal dunia pada Senin 19 Mei 2025. Sapo Panisi Lili diketahui adalah warga Lingkungan Bulisu, Kelurahan Kassa, Kecamatan Batulappa, meninggal setelah dirawat selama 6 hari di Saudi National Hospital karena penyakit pneumonia […]

    Bagikan Berita:
  • Saudi Luncurkan Layanan Mobilitas Terpadu di Masjidilharam dan Nabawi, Bisa Diakses lewat Satu Platform

    Saudi Luncurkan Layanan Mobilitas Terpadu di Masjidilharam dan Nabawi, Bisa Diakses lewat Satu Platform

    • calendar_month Jum, 29 Agu 2025
    • account_circle REDAKSI
    • visibility 138
    • 0Komentar

    SAUDI – Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi resmi meluncurkan Layanan Mobilitas Terpadu untuk membantu jemaah dan peziarah dalam beribadah. Dilansir dari media lokal Saudi sabq.com, peluncuran program ini berlangsung di Universitas Taibah, bertepatan dengan Hari Digital Saudi. Adapun Layanan mobilitas terpadu, merupakan sistem transportasi berbasis digital yang menggabungkan berbagai fasilitas mobilitas di […]

    Bagikan Berita:
expand_less